Thursday, June 21, 2012

Senjata usaha online

Apa saja peralatan bayar membayar dalam bisnis online yang harus Anda miliki ?

1. Online Banking. Banyak Bank menyediakan online banking. Namun biasanya dalam berbisnis online, Bank yang dipakai kebanyakan adalah Bank Mandiri dan Bank BCA. Menurut saya itu yang biasanya paling sering dipakai. Setelah itu ada BNI dan BRI.
Online Banking diperlukan untuk kemudahan dan kecepatan transaksi. Seandainya Anda menerima email konfirmasi yang menyatakan uang pembelian sudah ditransfer ke rekening Bank xxx, dengan online Banking Anda bisa langsung mengecek kebenarannya secara detail.

Untuk mendapatkan fasilitas online Banking sangat mudah sekali. Ini berdasarkan pengalaman saya membuka online banking untuk Mandiri. Jadi prosedurnya, kita daftar lewat ATM Bank Mandiri di menu pendaftaran online banking. Setelah terdaftar di ATM, kita sudah bisa menggunakan fasilitas online banking, tapi sebatas melihat history rekening saja. Untuk mendapatkan full fasilitas Bank seperti transfer, pembayaran dll, kita harus menggunakan Token.  Token didapat dari Bank Mandiri. Permintaan token juga tidak dikenai biaya, alat (token) dipinjamkan oleh Bank. Hubungi saja Customer Service-nya. Token inilah yang menjadi sekurity saat bertransaksi online. Bentuk Token seperti ini :
sumber : kompasiana

2. Paypal. Alat pembayaran elektronik yang banyak sekali dipakai di seluruh dunia. Banyak pembayaran dollar bisa menggunakan paypal. Dan beberapa sudah bermunculan dari para pelaku bisnis online lokal kita yang menerima pembayaran dengan paypal.
Pengisian account balance paypal bisa dilakukan dengan kartu kredit atau juga membeli dari para penjual balance paypal. Banyak yang menjual balance paypal, silahkan googling aja. Anda juga bisa mencari di kaskus ataupun adsense-id.com.
Jika kita khawatir menggunakan kartu kredit sendiri, Anda bisa menggunakan fasilitas VCC. Untuk VCC banyak juga yang menjual VCC, salah satunya indo-vcc.com. Biasanya proses memakan waktu sehari atau lebih untuk mendapatkan nomor kartu kredit dan kode keamanannya. Untuk para pemula, sekedar inform bahwa VCC bukanlah cara ilegal (seperti menggunakan kartu kredit orang lain (carding)).

Penggunaan paypal sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi balance (=deposit). Setiap pembayaran berarti memotong balance atau deposit paypal kita. Beberapa situs baik lokal maupun luar, mau menerima pembayaran paypal yang belum verified. Tapi ada juga yang mengharuskan paypal kita yang sudah verified seperti misalnya godaddy.com

Apa bedanya verified dan belum verified ?
Setelah Anda pertama kali daftar di paypal (gratis), Anda sudah bisa langsung menerima kiriman uang (balance / deposit) dari paypal orang lain. Namun status Anda belum verified. Untuk menjadi verified, maka Anda harus mengkonfirmasi keberadaan kartu kredit di bagian account Anda.
Kembali ke awal, jika Anda tidak mau menggunakan kartu kredit sendiri atau tidak punya kartu kredit, Anda bisa menggunakan VCC. Prosesnya sebentar dan harga terakhir kemarin sekitar 70 ribuan, berlaku untuk satu tahun. Dengan VCC, paypal verified berlaku satu tahun. Setelah itu bisa membeli VCC lagi.

3. Kartu kredit. Menurut saya tidak terlalu penting. Dua hal di atas yang sangat penting. Jika Anda ingin punya atau untuk jaga-jaga, atau memang sudah punya, tentu bukan masalah.





No comments:

Post a Comment